Sejarah Baso Aci Hingga Mampu Dikenal Masyarakat Luas



Sejarah Baso Aci Hingga Mampu Dikenal Masyarakat Luas


Baso aci merupakan salah satu makanan yang sedang populer pada saat ini karena rasanya yang sesuai di lidah masyarakat serta diikuti dengan berbagai inovasi yang mampu menarik rasa penasaran konsumen. Namun sebelum adanya inovasi pada makanan baso aci sebenarnya bagaimana bisa baso aci yang saat ini tersebar dimana-mana ditemukan?

Menurut hasil penelusuran dari berbagai sumber baso aci ini sudah ada pada era kolonial Belanda tepatnya pada abad ke-19 namun baso aci yang ada pada saat itu sedikit berbeda dengan baso aci yang kita kenal sekarang. Makanan ini berasal dari wilayah Garut, Jawa Barat dan dulu dikenal sebagai makanan rakyat jelata karena baso aci dianggap makanan pengganti daging. Dimana pada zaman itu daging sulit ditemukan karena kondisi sulit pada masa penjajahan.

Pada saat itu masyarakat Garut berinovasi dengan mencampurkan tepung aci dan daging sapi atau ayam yang telah dicincang halus dan diberikan kuah. Sehingga terciptalah bakso dengan bahan yang mudah ditemukan dan lebih murah yaitu tepung tapioka. Meskipun terdapat campuran daging sapi maupun ayam tetapi hanya sedikit dan didominasi oleh aci.

Saat ini baso aci telah berkembang pesat dan menjadi makanan yang dikenal dan digemari oleh banyak orang tidak hanya masyarakat Garut namun baso aji tetap menjadi bagian dari identitas budaya Garut yang diwariskan dari generasi ke generasi. KLIK DISINI


Ciri Khas Baso aci

Baso aci terbuat dari tepung tapioka yang dalam pembuatannya melibatkan teknik khusus sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal dan rasanya lezat. Tekstur kenyal dari tepung tapioka memberikan sensasi yang unik dan memuaskan karena berbeda dari bakso biasanya. Daging yang digunakan dalam baso Aci harus daging yang segar dengan kualitas terbaik agar menghasilkan rasa yang enak. Kuah Baso aci memiliki rasa bumbu yang khas sehingga memberikan rasa gurih dan lezat.

Kepopuleran Baso Aci
Beberapa tahun yang lalu kepopuleran Baso Aci meningkat hingga gerai baso aci mudah ditemukan di seluruh Indonesia. Terlebih di era saat ini makanan-makanan pedas selalu digemari anak muda sehingga banyak makanan yang berlomba-lomba dengan variasi tingkat kepedasan tak terkecuali baso aci.

Semakin banyak inovasi
Selalu mengikuti perkembangan zaman, Kini baso aci bahkan terjual secara online dengan kemasan instan yang memudahkan dalam pengiriman dan memiliki masa tahan suhu ruang yang cukup lama. Dulu baso aci hanya terdiri dari baso aci dan kuah. Sekarang ditambahkan siomay kering, cuanki lidah, dan pilus cikur, bahkan tidak jarang penjual mengkreasikan baso aci dengan toping tetelan, ceker, dan Tulangan.





Komentar

Postingan Populer